Kamis, 18 Maret 2010

Kamus Internet - Komputer


Bookmark and Share

ZONA NETTER INDONESIA

Daftar istilah di bawah ini merupakan istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia Internet dan Komputer. Zona Netter Indonesia akan berusaha untuk menambah dan memperbaharui perbendaharaan kamus internet ini sebagai tambahan pengetahuan dalam menekuni dunia internet.

HARDDISK
Access Time Waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut.
ATA/133 Untuk sementara merupakan standar kecepatan transfer data tertinggi perangkat dengan interface PATA. Beberapa nama lainnya adalah ATA-7, ATA/ATAPI-7, Ultra-DMA/133, UDMA 6, dan lain-lain. Untuk mencapainya, dibutuhkan controller harddisk yang sudah mendukung, juga controller bus pada sisi PC (lebih tepatnya pada motherboard). Sedangkan dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8.
EIDE EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronics), juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment) atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface) istilah pada jaman PC IBM AT. Memiliki kecepatan data transfer rates hingga 133 MB/s untuk standar ATA-133. Keterbatasan EIDE adalah panjang kabel maksimal 18 inci (450 mm).
NCQ NCQ (Native Command Queuing) merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk itu sendiri.
MONITOR
CRT CRT (Cathode Ray Tube, jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display yang biasanya ditemukan pada unit TV konvensional.
LCD LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang menggunakan bahan cairan kristal dalam membantuk penampang display di monitor.
TFT TFT (Thin Film Transistor) adalah suatu jenis teknologi dari monitor LCD, dimana tiap pixel terhubung langsung dengan komponen transistor. Yang mana transistor ini berfungsi sebagai switch otomatis.
Pixel Kependekan dari picture element, dimana merupakan elemant terkecil yang membentuk gambar di dalam suatu monitor.
Colours Menunjukan berapa banyak warna yang dapat ditampilkan oleh sebuah monitor. Sampai sekarang kemampuan monitor dapat menghadirkan resolusi hingga 16,7 miliar warna.
Dithering Salah satu tehnik dari program komputer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasar dari pencampuran warna-warna lainnya, ketika warna yang dimaksudkan tidak tersedia.
Response Time Menunjukan sebarapa cepat sebuah monitor bereaksi terhadap interaksi yang merubah konten grafis di monitor. Seperti misalnya perubahan gambar di aplikasi game, karena perintah dari mouse.
Dot Pitch Menunjukan ukuran jarak antara titik pusat dua titik dot pixel yang memiliki warna yang sama. Semakin dekat jarak titik (dot), maka dot pitch makin kecil, dan karena ini gambar yang dihasilkan akan semakin tajam.
NOTEBOOK
BrightViewSuatu fitur yang biasanya berada pada setting monitor berbentuk LCD. Fitur ini memungkinkan tampilan kontras warna menjadi lebih tajam dan jelas. Masing-masing produsen notebook memiliki istilah tersendiri untuk fasilitas yang serupa.
PC Card Kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook, sehingga notebook tersebut memiliki fungsi-fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, Sound dan lain-lainnya. PC Card ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Type I, Type II dan Type III. Perbedaan bentuk diantara ketiganya, hanya berada pada tingkat ketebalan tiap card. Type I yang memiliki tingkat ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memory. Type II dengan ketebalan 5 mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi sebagai I/O, seperti modem, LAN, dan lain-lainnya. Untuk Type III, dengan ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive ataup komponen lainnya yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.
PCMCIA PCMCIA (Personal Computer Memory) Card International Association) adalah sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan, dimana telah menggembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil. Kurang lebih sebesar kartu kredit, dan biasa disebut PC Card. Dimana penggunaannya mayoritas untuk komputer notebook.
SO-DIMM SO-DIMM (Small Outline DIMM) merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada komputer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi 2 jenis. Pertama untuk yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin. Ia merupakan memory ber-interface 32-bit. Sedangkan untuk jenis 144 pin adalah memory yang ber-interface 64-bit.
TFT LCD Penggunaan teknologi Thin Film Transistor (TFT) pada Liquid Crystal Display (LCD). Penggunaan layar ini juga termasuk bagian yang disebut activ matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi.
NETWORK
802.11a Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 GHz.
802.11b Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.
802.11g Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps (typical 200 Mbps) dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz, dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.
802.11n Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 600 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz. Standar spesifikasi 802.11n ini diperkirakan akan difinalisasi pada tahun 2009.
Access Point Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. Ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel.
Firewall Firewall-lah yang menentukan informasi yang dapat masuk dan keluar melaluinya. NAT akan menyembunyikan lokal IP dari network di luar firewall. Ini akan mengamankan cilent , untuk diakses dari luar firewall, ataupun melihat file-file di dalamnya.
PRINTER
Direct Printing Fungsi dari fasilitas printer yang dapat mencetak langsung format gambar maupun teks dari perangkat lain tanpa melalui PC. Individual ink tanks printer yang menggunakan tanngki tinta satu per satu. Tidak seperti kebanyakan tangki tinta pada printer konvensional yang menggunakan tinta tiga atau empat warna sekaligus dalam satu tangki.
Inkjet Printer Unit printer atau untuk jenis unit all-in-one, yang menggunakan penembakan tinta cepat kering malalui lubang nozzle kecil dalam membentuk gambar atau karakter di kertas. Saat ini printer inkjet menjadi standar printer untuk digunakan pada komputer personal (PC). Hal itu dikarenakan inkjet printer paper tray wadah tempat menampung kertas kosong yang akan dicetak atau juga penampung kertas yang sudah dicetak/print.
Pictbridge Teknologi yang terdapat pada printer yang dapat secara langsung menerjemahkan data dalam format gambar ke hasil cetakan pada kertas tanpa melalui PC.
Port Polling Merupakan prosedur yang dijalankan oleh Windows ketika komputer di-booting, dan juga ketika suatu print job dikirimkan dari aplikasi tertentu. Sistem operasi secara otomatis akan melakukan cek dari parallel port (jika menggunakan interface ini), maupun port-port lainnya, untuk memastikan printer telah siap menerima print job baru. Biasanya, port polling dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan kecepatan proses print.
PPM PPM (Paper Per Minute) adalah satuan ukuran kecepatan mencetak hasil pada kertas berapa lembar tiap 60 detik.
Print Catridge Merupakan komponen utama printer yang terdiri dari print-head, penampung tinta, dan sistem elektronis yang menyalurkan tinta.

"Menuntut Ilmu, Mencari Peluang, Meraih Kesuksesan"
Harry Poetra - Zona Netter Indonesia

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha