Minggu, 14 Maret 2010

Pengertian Internet


Bookmark and Share

Artikel >> Artikel Internet

Zona Netter Indonesia - Istilah Internet sudah tidak asing lagi di tengah kehidupan masyarakat kita sehari-hari. Internet terdiri dari dua suku kata yaitu inter dan net, yang telah menjadi suatu istilah atau padanan kata dalam bidang teknologi komputer dan komunikasi. Kata 'inter' berasal dari bahasa Latin yang berarti antara, sedangkan 'net' dalam bahasa Inggris berarti jaringan. Sehingga secara harfiah, Internet berarti antar jaringan atau antara jaringan. Atau secara harfiah dapat pula diartikan sebagai saling menghubungkan antar jaringan.

Internet merupakan kependekan dari interconnection-networking yang berarti saling menghubungkan. Sehingga Internet dapat diartikan sebagai suatu sarana untuk menghubungkan antara suatu komputer dengan komputer lainnya dalam jaringan yang luas di seluruh dunia yang terhubung melalui protokol TCP/IP.

Internet diartikan juga sebagai “The global public Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) internetwork”. Sehingga Internet adalah gabungan dari seluruh komputer di dunia yang disatukan oleh sebuah “bahasa” yang sama, adapun bahasa yang dimaksud adalah Transmission Control Protokol/Internet Protokol (TCP/IP). Sedangkan yang dimaksud dengan TCP/IP adalah sebuah set protokol yang memungkinkan terjadinya komunikasi antar berbagai komputer, TCP/IP menjadi sangat populer karena apabila kita ingin terkoneksi ke Internet kita harus menggunakan protokol TCP/IP, yang dengan TCP/IP inilah kemudian komputer di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dan berbagi informasi.

Dalam prakteknya, Internet dapat terlaksana dengan baik melalui dua unsur pokok yaitu komputer dan modem. Selain itu kualitas kabel data maupun kualitas teknologi wireless juga harus diperhatikan. Komputer dan modem ini akan sangat menentukan kelancaran, kecepatan dan kenyamanan dalam berselancar di dunia Internet. Para pengguna media Internet ini sendiri sering dikenal dengan istilah Netter atau Para Pengguna Internet. Sehingga kita tentunya harus bisa memilih komputer dan modem yang mendukung kelancaran, kecepatan dan kenyamanan dalam berinternet ria.

Internet banyak memberikan kita manfaat dan memudahkan dalam memperlancar urusan keseharian kita. Mulai dari rumah, perkantoran, perkuliahan, sekolah dan tempat-tempat lainnya yang saat ini sangat bergantung pada keberadaan Internet, baik sebagai media informasi komunikasi maupun bisnis. Khusus untuk Internet sebagai media bisnis, hal ini sangat menguntungkan terutama dalam kemudahan iklan dan promosi.

Kemudahan dalam mencari ilmu pengetahuan , informasi dan komunikasi adalah suatu hal yang bisa kita dapatkan dari manfaat Internet. Siapa pun dapat memperoleh kemudahan itu hanya dengan memiliki sebuah jaringan Internet pada sebuah komputer. Komputer yang terkoneksi Internet menjadikan sesuatu hal yang menyenangkan bagi pemiliknya, karena mereka dapat menelusuri dunia hanya dengan menatap sebuah layar monitor.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar

 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha