Jumat, 19 Maret 2010

Promosi dan Publikasi Situs Melalui Ping Services


Bookmark and Share

Zona Netter - Seperti kita ketahui, sebuah situs memerlukan kegiatan promosi dan publikasi agar situs kita dikenali oleh search engine (mesin pencari) dan dengan cepat dikenali masyarakat luas terutama para pengguna Internet setia. Salah satu cara untuk mempromosikan dan mempublikasikan sebuah situs adalah dengan proses Ping. Proses Ping itu sendiri dilakukan secara online melalui Internet dan situs-situs yang menyediakan layanan Ping.

Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Groper yang dapat diartikan sebagai suatu program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP). Dengan menggunakan utilitas ini, maka dapat diuji apakah sebuah komputer telah terhubung dengan komputer lainnya. Sehingga diharapkan data sebuah situs akan terindeks pada Search Engine dan akan tetap tersimpan dalam sebuah jaringan.

Dalam dunia Internet, banyak situs yang menyediakan layanan Ping ini. Ada yang sifatnya Free Services tanpa dikenakan biaya dan ada juga yang Auto Services yang hampir semuanya dikenakan biaya layanan Ping. Untuk sebuah layanan Ping, beberapa situs harus melakukan registrasi, akan tetapi banyak juga yang bisa langsung memanfaatkan layanan Ping tersebut. Proses Ping itu sendiri biasanya kita hanya perlu memasukan alamat URL sebuah situs, tetapi ada juga yang perlu memasukan alamat email, judul situs sampai deskripsi situs. Pernah juga penulis menemui layanan Ping yang harus memasukan alamat Feeds RSS/Atom.

Bagi pihak pihak yang ingin mempromosikan dan mempublikasikan sebuah situs, harap memperhatikan cara-cara dan tips dalam melakukan Ping. Hendaknya Anda melakukan proses Ping ini secara rutin setalah mengupdate isi situs atau melakukan postingan terbaru. Dengan demikian Search Engine akan mengenal postingan terbaru Anda dan menyimpannya dalam sebuah direktori tertentu pada Search Engine.

Hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah jangan terlalu sering melakukan proses Ping jika memang belum diperlukan. Karena jika Anda melakukan proses Ping ini terlalu sering pada sebuah Search Engine, kemungkinan Anda akan dianggap sebagai spam oleh Search Engine.

Dibawah ini Zona Netter akan menyajikan beberapa situs penyedia Ping Services yang mungkin berguna untuk Anda, diantaranya :

01. 1470.net
02. a2b.cc
03. amagle.com
04. apple.com
05. bakeinu.jp
06. bblog.com
07. bitacoles.net
08. bitacoras.com
09. bitacoras.net
10. blo.gs
11. blog.goo.ne.jp
12. blogbuzzmachine.com
13. blogdb.jp
14. blogdigger.com
15. blogflux.com
16. blogg.de
17. bloggers.jp
18. blogmatcher.com
19. blogmura.jp
20. blogoole.com
21. blogoon.net
22. blogpeople.net
23. blogrolling.com
24. blogroots.com
25. blogshares.com
26. blogstreet.com
27. britblog.com
28. bulkfeeds.net
29. cocolog-nifty.com
30. oreblog.org
31. datashed.net
32. effbot.org
33. exblog.jp
34. fakapster.com
35. feedburner.com
36. feedster.com
37. focuslook.com
38. google.com
39. holycowdude.com
40. icerocket.com
41. imblogs.net
42. ipings.com
43. lasermemory.com
44. mod-pubsub.org
45. moreover.com
46. msn.com
47. myblog.jp
48. mypagerank.net
49. newsgator.com
50. newsisfree.com
51. pingates.com
52. pingoat.com
53. pingomatic.com
54. pingqueue.com
55. popdex.com
56. pubsub.com
57. rootblog.com
58. snipsnap.org
59. syndic8.com
60. tailrank.com
61. technorati.com
62. topicala.com
63. topicexchange.com
64. totalping.com
65. wasalive.com
66. weblogalot.com
67. weblogs.com
68. weblogs.se
69. weblogues.com
70. wpkeys.com
71. yahoo.com

Situs penyedia layanan Ping seperti yang Zona Netter sampaikan di atas, merupakan beberapa situs saja, karena masih banyak penyedia layanan Ping yang tersebar di Internet.
Demikian saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat berkarya.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




0 Comments:

Posting Komentar

 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha