Rabu, 12 Mei 2010

10 Negara Pembajak Software Terbesar di Dunia


Bookmark and Share

Zona Netter - Pembajakan berbagai barang serta produk di Indonesia saat ini semakin meningkat, terutama untuk komoditas seperti Software, VCD/DVD, kaset dan lainnya. Berdasarkan beberapa penelitian oleh lembaga-lembaga survei ternama, pembajakan berawal karena ketidakpedulian masyarakat terhadap hak cipta suatu produk juga kemampuan daya beli masyarakat yang sangat rendah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya pembajakan secara besar-besaran atas berbagai produk. Meski Pemerintah telah melarang keras, namun sepertinya masyarakat lebih senang memilih produk-produk bajakan karena harganya yang lebih murah dibanding harga untuk sebuah produk orisinil.

Akhir-akhir ini, sebuah riset yang dilakukan oleh Lembaga Analis IDC, menetapkan 10 negara dari 111 negara yang diteliti dengan tingkat pembajakan Software tertinggi di dunia. Riset ini dilakukan terhadap negara-negara maju juga negara-negara berkembang lainnya. Diantara 10 negara dengan tingkat pembajakan Sofware terbesar di dunia tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke 8 dengan tingkat pembajakan Software sebesar 86%. Banyak negara yang lebih maju dari Indonesia ternyata memiliki tingkat pembajakan Software yang lebih tinggi. Bahkan negara pembajak Software terbesar itu ada juga yang berasal dari benua Eropa, yaitu Georgia dengan tingkat pembajakan Software sebesar 95% dan menjadikan negara tersebut menjadi negara nomor satu di dunia atas pembajakan piranti lunak/Software.

Amerika Serikat yang merupakan negara produsen Software terbesar, hanya memiliki tingkat pembajakan sebesar 20%, dan menjadi negara yang memiliki tingkat pembajakan Software terendah dari 111 negara yang diteliti.

Di bawah ini merupakan 10 negara pembajak Software terbesar di dunia berdasarkan hasil riset Lembaga Analis IDC, antara lain:
  1. Georgia 95%
  2. Zimbabwe 92%
  3. Bangladesh dan Moldova 91%
  4. Armenia dan Yaman 90%
  5. Sri Lanka 89%
  6. Ajerbaijan dan Libya 88%
  7. Belarusia dan Venezuela 87%
  8. Indonesia 86%
  9. Irak, Ukraina dan Vietnam 85%
  10. Algeria dan Pakistan 84%
Mudah-mudahan dengan adanya riset ini, negara kita pun akan terus berusaha memerangi pembajakan software ini agar tidak menjadi raja pembajakan Software terbesar di dunia suatu saat nanti. Semoga artikel ini dapat menyadarkan kita akan pentingnya sebuah hak cipta terutama menyangkut piranti lunak/Software. 

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




2 Comments:

blog berita dan bisnis said...

salam kenal .....

Chamal said...

Kunjungan perdana, salam kenal gan...

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha