Minggu, 02 Mei 2010

Mitos serta Fakta antara Olahraga dan Program Penurun Berat Badan


Bookmark and Share

Artikel >> Serba-Serbi

Zona Netter Indonesia – Semua pihak pasti sepakat bahwa olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. Dan Olahraga merupakan komponen kritis dalam mengontrol berat badan. Dengan berolahraga secara teratur, seseorang akan memiliki tingkat berat badan yang terkendali. Banyak manfaat olahraga yang bisa kita rasakan, misalnya kebugaran tetap terjaga, minimnya terkena berbagai penyakit, mampu mengontrol berat badan, membakar kalori, memperlancar peredaran dan suplai darah, bahkan bisa juga sebagai sarana refreshing yang sehat, dan masih banyak lagi manfaat olahraga.

Sayangnya, beberapa orang mempunyai pandangan yang salah akan hal ini. Semua ini tentunya karena ketidaktahuan serta kesalahan persepsi antara mitos serta fakta seputar olahraga dan program penurun berat badan. Zona Netter Indonesia berharap Anda tidak terjebak dalam mitos yang keliru terhadap hubungan olahraga dengan program penurun berat badan, kecuali pada hubungan yang memang nyata terbukti secara medis..

Berikut ini adalah beberapa pandangan yang keliru tersebut, antara lain:

MITOS : "Olahraga mampu meningkatkan nafsu makan."
FAKTA : Nafsu makan sebenarnya lebih dapat dikendalikan setelah berolahraga. Terlebih lagi kenaikan tingkat pengkonsumsian makanan setelah berolahraga tidak lebih dari menutup kekurangan kalori yang dikeluarkan saat berolahraga.

MITOS : "Agar olahraga berguna, Anda harus melakukannya setiap hari."
FAKTA : 3 kali dalam seminggu berolahraga selama 20 menit merupakan waktu yang cukup untuk pembakaran kalori dalam tubuh.
MITOS : "Olahraga harus dilakukan dengan penuh semangat untuk menurunkan berat badan."
FAKTA : Olahraga ringan seperti jalan kaki jika dilakukan secara teratur dapat menjadi suatu hal yang sangat efektif. Berjalan selama 20 menit setiap hari dapat membakar hingga 15 poun kalori setahun.

MITOS : "Jika kita lebih banyak mengeluarkan keringat, maka kita akan lebih kehilangan berat badan."
FAKTA : Tidak ada keuntungan pengeluaran keringat yang berlebihan. Bahkan hal ini bisa berbahaya. Contoh mitos ini dengan menggunakan setelan sauna saat berolahraga. Jadi jangan berpakaian yang berlebihan saat berolahraga dan jangan memakai “setelan sauna”. Hal ini karena ada beberapa orang yang berpandangan bahwa memakai setelan sauna akan lebih efektif membakar kalori.
MITOS : "Olahraga Aerobik tidak lebih bagus daripada jenis olahraga lain untuk menghilangkan berat badan."
FAKTA : Olahraga Aerobik (bersepeda, berjalan-jalan, renang) mempercepat metabolisme selama 4 sampai 8 jam setelah Anda berhenti berolahraga. Oleh sebab itu, kalori tambahan akan dibakar dalam jangka waktu yang lama setelah Anda berolahraga. Keuntungan olahraga non aerobic seperti angkat berat tidak mempercepat proses metabolisme tubuh.
Itulah seputar mitos serta fakta yang terjadi di masyarakat terhadap hubungan olahraga sebagai program penurun berat badan. Semoga catatan singkat ini dapat menambah wawasan kita semua.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




1 Comment:

KLIKRAR said...

Kunjungan sobat! Info baru dan semangat baru...

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha