Minggu, 04 April 2010

Cara Membuat dan Memasang Artikel Terkait atau Related Post LinkWithin


Bookmark and Share

Zona Netter - Related Post atau artikel terkait merupakan salah satu sarana yang memudahkan pembaca artikel menemukan artikel-artikel terkait lainnya yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca. Contoh artikel terkait dari LinkWithin ini bisa Anda lihat pada akhir postingan blog ini. Selain menggunakan kode html atau javascript dengan merubah dan menambahkan kode-kode tersebut pada sebuah template blog/website, Anda dapat juga memasang widget related post atau artikel terkait dari LinkWithin. Widget ini Anda bisa mendapatkannya secara gratis dari situs linkwithin.com.

Pada kesempatan ini pula, Zona Netter akan memberikan panduan kepada Anda tentang bagaimana proses mendapatkan widget tersebut serta pemasangannya pada blog/situs. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda jadikan panduan :

1. Kunjungi situs LinkWithin, halaman muka LinkWithin akan tampak seperti gambar di bawah ini.



2. Isi kotak form yang tersedia dengan data Anda.


Isilah kotak form di atas dengan alamat Email dan URL Blog/Website Anda. Untuk kotak Flatform, Anda bisa memilih sesuai dengan mesin blogger Anda, seperti blogger, wordpress, typepad atau lainnya. 

Setelah itu pilih width untuk menentukan berapa banyak artikel terkait yang akan Anda tayangkan. Pilih yang sesuai dengan lebar postingan template Anda, agar terlihat lebih rapi dan nampak elegan. Setelah Anda menyesuaikan Platform dan Width sesuai dengan blog/website Anda, lalu pilih Get Widget.

3. Setelah Anda klik Get Widget, maka akan muncul langkah seperti gambar di bawah ini :




 Klik Instal Widget, setelah itu akan muncul langkah berikutnya seperti gambar di bawah ini :

Pada langkah ini, Anda bisa memilih salah satu blog yang akan ditambahkan widget LinkWithin ini, atau Anda bisa mengabaikannya bila hanya memiliki satu blog saja. Untuk Form Judul, tulislah sesuai keinginan Anda. Perlu diketahui, bahwa form Judul ini hanya untuk mengingatkan Anda tentang widget ini, bila telah terkirim ke menu Tata Letak - Elemen Halaman blog Anda.

Proses selanjutnya adalah klik Menambah Widget  untuk melakukan proses pengiriman ke template blogger Anda.

4. Apabila proses pengiriman/penambahan widget sudah selesai, maka Anda bisa melihat widget yang telah ditambahkan tersebut seperti gambar yang tampak di bawah ini.

Geser dan pindahkan (Drag and Drop) widget LinkWithin, di bawah kolom Posting Blog untuk mendapatkan performa yang maksimal.

5. Setelah Anda memindahkan widget tersebut, proses selanjutnya adalah menyimpannya dan lihatlah hasilnya.

Sekian dulu langkah-langkah yang bisa saya sampaikan dalam membuat dan memasang related post atau artikel terkait dari LinkWithin. Semoga berhasil.

Top Blogs
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook




3 Comments:

yusuf said...

makasih banyak infonya, saya akan coba pada blog saya..

jagat unik said...

Mantap gan ini yg lg dicari..

Gombong Online said...

matur nuwun, saya coba skrg gan

Posting Komentar

 

DAFTAR PTC TERPERCAYA

ZONA NETTER INDONESIA Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha